Informasi RPL

Pendidikan tinggi diselenggarakan dengan prinsip satu kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multimakna. Dengan prinsip sistem terbuka ini maka kesempatan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi menjadi lebih terbuka.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2016 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau telah memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Rekognisi Pembelajaran Lampau adalah proses pengakuan atas Capaian Pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh melalui pendidikan formal atau nonformal atau informal, dan/ atau pengalaman kerja kedalam pendidikan formal. Pengakuan atas capaian pembelajaran ini bertujuan untuk :

  1. Pengakuan capain pembelajaran untuk melanjutkan pendidikan formal.
  2. Pengakuan capain pembelajaran untuk penyetaraan kualifikasi.

Implementasi RPL di bidang peningkatan kualifikasi tenaga kesehatan adalah memberikan kesempatan kepada tenaga kesehatan lulusan pendidikan jenjang menengah dan pendidikan jenjang Diploma Satu yang sudah berpengalaman untuk meningkatkan kualifikasinya menjadi kualifikasi Diplomat Tiga sesuai dengan persyaratan kualifikasi minimum tenaga kesehatan sebagaimana ditentukan dalam UU No.36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan pasal 9.

Informasi berikut dimaksudkan untuk memberikan panduan kepada calon pelamar RPL  yang akan mengajukan RPL yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi bidang kesehatan yang memenuhi syarat sebagai penyelenggara RPL.

Print Friendly
AKPER PAMENANG
Jl. Soekarno Hatta, No.15 Bendo Pare Kediri
Telp/Fax: (0354) 399840 | E-mail: akperpamenang_pare@yahoo.co.id

File Download